Regsosek Wujudkan Satu Data Indonesia

Editor: Asmuni

Pelatihan Petugas Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022. Foto:as
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Bupati Sekadau, Aron, membuka kegiatan Pelatihan Petugas Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022. Kegiatan dilaksanakan di salah satu Hotel yang ada di Sekadau. Selasa (11/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Stasistisi Ahli Madya Provinsi Kalimantan Barat, Sri Suyatni mengatakan, pendataan awal Regsosek 2022 merupakan amanah dari Presiden Republik Indonesia (RI) kepada BPS. Presiden RI, Joko Widodo, secara khusus menyampaikan pada penyampaian RUU APBN tahun 2023 - 16 Agustus 2022.

"Oleh karena itu, melalui pendataan awal Regsosek 2022 akan dihasilkan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan," kata Sri Suyatni.

"Tentunya pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu, tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sekadau, Aron mengatakan, Regsosek merupakan upaya dalam mewujudkan satu data Indonesia yang membantu pemerintah pusat dan daerah menuju Kesejahteraan Sosial di Indonesia.

"Para peserta Regsosek tentunya akan menjadi ujung tombak dan penentu baik atau tidaknya data yang dihasilkan, oleh sebab itu lakukan pendataan sebaik mungkin sehingga keadaan sosial ekonomi semua penduduk dapat terpotret dengan baik," kata Aron.

"Saya berharap hasil pendataan Regsosek di Kabupaten Sekadau dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan data yang berkualitas yang benar-benar mencerminkan kondisi sosial ekonomi setiap keluarga di Kabupaten Sekadau," pungkasnya. (yati)

Share:
Komentar

Berita Terkini