Curah Hujan Tinggi, Tiga Bukit di Anjongan Longsor

Editor: Redaksi

Aalah satu bukit yang longsor di Anjongan 

Mempawah, BorneoPost.id – Tiga bukit di wilayah Kecamatan Anjongan, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat mengalami longsor, Rabu (14/7/2021) pagi.


Ketiga bukit itu yakni Bukit Loncek dan Bukit Loeng terdapat tiga titik longsor tepatnya diatas Gua Maria, Desa Kepayang dan Bukit Melancar di Desa Anjongan Dalam.


Longsornya ketiga bukit itu diduga akibat curah hujan tinggi, sehingga kontruksi tanah labil, karena tak ada penyangga terhadap kontruksi tanah tersebut. Terlabih kondisi hutan di seputar bukit sudah banyak yang gundul.


“Tiga bukit di di Anjongan longsor, Bukit Loncek dan Loeng di Desa Kepayang dan Bukit Melancar di Desa Anjungan Dalam. Belum ada laporan korban jiwa,” kata warga Anjongan, Mempawah, Suparman, Rabu (14/7/2021) siang.


Suparman menjelaskan, longsornya ketiga bukit itu berpotensi mengancam pemukiman penduduk, terutama yang ada di sekitar kaki bukit, terlebih pada cuaca yang tak menentu saat ini. Akibat bukit longsor, sejumlah kebun warga rusak tertimbun tanah dan material batu serta pasir.


“Yang sangat dirawankan di Anjongan Dalam di belakang masjid PU,” jelasnya.


Selain tanah longsor, Kecamatan Anjongan juga dilanda banjir. Selain mengenangi pemukiman penduduk, banjir juga membuat akses transportasi putus. Banjir terparah terdapat di wilayah pasar Anjongan dengan kedalaman air dari 30 centimeter hingga 1 meter lebih. (tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini