Waspada DBD di Musim Penghujan, Terapkan 5M

Editor: Asmuni

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB), Henry Alpinus. Foto:yati
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Saat musim hujan, Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) cenderung akan meningkat. Oleh sebab itu penting sekali bagi masyarakat untuk mewaspadai penyakit DBD ini.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB), Henry Alpinus mengatakan, saat ini perubahan cuaca sangatlah berpengaruh dan cenderung meningkatnya penyakit-penyakit terutama penyakit DBD.

"Maka dari itu, kami meminta agar masyarakat lebih waspada dengan penyakit DBD karena faktor penyebab terjadinya penyakit DBD ini ialah faktor kesehatan lingkungan," pesan Henry Alpinus.

Henry AlpIus juga menghimbau kepada
masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungan dengan menerapkan 5M yakni, menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur barang bekas yang berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyamuk, membuang kaleng bekas dan menabur bubuk abate ke dalam setiap genangan air.

"Penyakit DBD juga perlu di waspadai terutama untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun. Maka dari itu kami sangat mengharapkan agar masyarakat dapat terus memperhatikan kesehatan," tambahnya.

"Adapun gejala awal dari penyakit DBD ini yaitu demam, pilek, sakit kepala dan juga hilangnya nafsu makan. Jika sudah ada gejala-gejala yang timbul, silahkan langsung konsultasi dengan pihak kesehatan atau Puskesmas terdekat agar dapat segera di periksa," pungkasnya. (yati)

Share:
Komentar

Berita Terkini