Aron: Jaga Seteleng ini untuk Keperluan Masyarakat dan Pelestarian Adat Budaya

Editor: Asmuni

Peresmian Steleng Dusun Amak, Deaa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir. Foto:as
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Bupati Sekadau, Aron meresmikan Seteleng di Dusun Amak, Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.

Hadir pada peresmian ini, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari Fraksi Partai Hanura, Abun Tono, dari Fraksi Partai Demokrat, Jefray Raja Tugam dan Hasan, Forkopimda, SKPD, Ketua TP-PKK Kabupaten Sekadau, Ny. Magdalena Susilawati, Tokoh masyarakat, Simson, Tokoh adat dan Undangan lainnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sekadau, Aron, menyampaikan, atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau mengucapkan selamat kepada masyarakat Dusun Amak atas peresmian Seteleng yang baru. 

"Kami berharap Seteleng ini bisa dirawat dan digunakan dengan sebaik mungkin untuk kegiatan-kegiatan masyarakat," kata Aron. Sabtu (7/1/2023).

Aron juga mengatakan Seteleng ini dibangun dalam rangka melestarikan adat dan budaya dayak. 

"Barang -barang yang bernilai sejarah bisa disimpan di Seteleng ini, agar suatu saat bisa menjadi tempat kunjungan wisata lokal untuk melihat ciri khas adat dan budaya, khususnya adat kita Dayak ketungau," ungkapnya. 

Bupati Aron menambahkan, bukan hanya di Dusun Amak saja, tapi di desa dan dusun lain juga akan upayakan oleh pemerintah daerah dengan menyesuaikan anggaran yang ada. 

"Beberapa hari kedepan juga akan diresmikan sebuah Steleng di Kecamatan Nanga Mahap," ujarnya. 

"Kedepannya nanti akan banyak lagi Seteleng atau rumah adat yang akan kita bangun di Kabupaten Sekadau ini," pungkasnya.(nv/as).



Share:
Komentar

Berita Terkini