Camat Belitang Buka Pekan Gawai Dayak Banyur Setalon ke XXII Tahun 2023

Editor: yati author photo

Camat Belitang, Hermansyah saat membuka kegiatan pekan gawai Dayak Banyur Setalon ke XXII tahun 2023. (Foto:ist)
Sekadau Kalbar, Bornepost.id - Camat Belitang, Hermansyah membuka kegiatan Pekan Gawai Dayak Banyur Setalon ke XXII tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di SP 1 Setalon, Desa Belitang Dua, Kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau. Kamis (25/5/2023).

Perayaan ini dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan sebagai penghormatan terhadap leluhur dan syukuran atas hasil panen padi dan berharap agar panen berikutnya kembali memberikan hasil baik

Pada kesempatan tersebut, Camat Belitang, Hermansyah mengatakan, Gawai Dayak merupakan perayaan tahunan yang dilakukan masyarakat adat Dayak Banyur Setalon Sp 1 Desa Belitang dua.

"Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Gawai Dayak dilaksanakan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa atas panen yang melimpah," kata Hermansyah.

"Hal ini juga dilakukan dengan harapan agar panen tahun berikutnya juga diberikan rezeki dan hasil yang melimpah," tambahnya.

Hermansyah juga menjelaskan dalam kegiatan Gawai Dayak ini juga ada ritual pemandian patung burung kenyalang dipintu gerbang SP 1 Desa Belitang dua.

"Pemandian patung burung kenyalang ini juga dipercaya masyarakat setempat untuk menjaga wilayah kampung dari segala maha bahaya dan berharap kepada Tuhan agar warga masyarakat tetap sehat, aman dan terhindar dari maha bahaya," pungkasnya. (Ist/yt)

Share:
Komentar

Berita Terkini