Banjir Melanda, Dinas Terkait Diminta Proaktif dan Mendata Warga Terdampak

Editor: Redaksi author photo

Ketua Fraksi Partai Hanura DPRD Kabupaten Sekadau, Abun Tono. Foto:yati
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Curah hujan saat ini cukup tinggi di beberapa daerah khususnya di Kabupaten Sekadau. Tentunya hal tersebut sangat perlu segera di antisipasi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi Partai Hanura, Abun Tono mengatakan, terkait dengan situasi dan kondisi saat ini dimana intensitas hujan yang semakin tinggi dan di beberapa daerah sudah terkena dampak banjir, tentunya hal ini perlu segera di antisipasi.

"Maka dari itu kami mengimbau dan meminta kepada pemerintah daerah khususnya dinas terkait dalam hal ini Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera menyiapkan segala kebutuhan untuk masyarakat yang terkena banjir terutama menyiapkan Posko-posko penanganan bencana banjir dan  menyiapkan seauatu terkait dengan kebutuhan masyarakat seperti kebutuhan logistik," kata Abun Tono saat diwawancara oleh wartawan diruang kerjanya. Rabu (12/10/2022).

"Untuk itu kami meminta kepada pemerintah daerah melalui instansi terkait  segera bergerak ke wilayah yang sudah terdampak banjir untuk didata," tambahnya.

"Kami minta dinas BPBD untuk lebih proaktif untuk menjangkau dan juga dapat langsung meninjau daerah-daerah yang menjadi langganan terkena banjir, terutama daerah-daerah yang berada di pesisir sungai," timpalnya. 

Selain itu, Abun Tono juga minta dari pihak Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) untuk terlibat dalam menangani warga terdampak banjir. 

Menurutnya, ketika musim banjir seperti ini tentu sangat mudah munculnya penyakit antara lain, Demam Berdarah Dengue (DBD) dan penyakit lainnya. 

"Kami juga meminta kepada Dinas Kesehatan untuk menyiapkan berbagai obat-obatan di Posko karena hal itu tentunya juga sangat di perlukan oleh masyarakat yang terdampak bencana banjir," pungkasnya. (yati)

Share:
Komentar

Berita Terkini