Gawai Dayak Ajang Pelestarian Budaya dan Adat Istiadat

Editor: Redaksi

Pembukaan gawai dayak ke-XI Kabupaten Sekadau tahun 2022 di Rumah Betang Youth Center. 
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Gubernur Kalimantan Barat yang di wakili oleh Plh. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Frans Zeno membuka pelaksanaan Gawai Dayak ke-XI Kabupaten Sekadau tahun 2022, bertempat di Rumah Betang Youth Center, Rabu (13/7/2022).

Ketua Panitia Pelaksana Gawai Dayak ke-XI, Vinsensius mengatakan, kegiatan gawai dayak ke-XI Kabupaten Sekadau tahun 2022 dilaksanakan dari tanggal 13-16 Juli 2022 dilaksanakan di rumah Betang Youth Center. Rangkaian kegiatan diawali dengan  pembukaan, pawai (display budaya), perlombaan seni, tradisi, kreasi dan kebudayaan yang melibatkan sanggar-sanggar, paguyuban dan Dewan Adat Dayak (DAD) kecamatan se-Kabupaten Sekadau.

"Terimakasih kepada Pemerintah daerah, yang telah memberikan bantuan dana kepada kami. Terimakasih juga kepada para donatur yang telah membantu kami dalam menyukseskan kegiatan gawai dayak ke-XI.
Terimakssih kepada juga kepada teman-teman panitia atas kerjasamanya dan kontribusinya sehingga kegiatan gawai dayak ke-XI bisa berlangsung dengan baik," ungkap Vinsensius.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Sekadau, Welbertus Willy mengatakan, dalam tradisi masyarakat dayak kegiatan gawai dayak panen padi dilakukan sebagai perwujudan rasa syukur karena telah memberikan hasil panen yang melimpah, maka dari itu makna gawai dayak tidak lepas dari aspek alam, ritual sosial budaya, dan adat istiadat.

"Gawai dayak, sempat tidak bisa dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya di karenakan pandemi covid-19, maka dari itu kita harus bersyukur karena tahun ini kita bisa melaksanakan kegiatan Gawai Dayak ke-XI kabupaten Sekadau," kata Willy.

Selanjutnya Sekjen Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Yakobus Kumis, dalam sambutannya mengatakan sebagai orang dayak harus bangga menjadi masyarakat dayak, karena dayak memiliki 405 sub suku dan 600 bahasa yang bisa bersatu di bawah kata Dayak dan tidak ada bangsa di bumi ini yang memiliki keanekaragaman seperti bangsa suku Dayak.

"Dayak memiliki ciri khas yang unik, keanekaragaman budaya,ukir ukiran yang di cintai oleh seluruh muka bumi ini terutama kearifan budaya dayak," jelasnya.

"Karena itu kita harus bangga sebagai masyarakat dayak jangan malu mengakui kalau kita ini orang dayak," tegas Yakobus Kumis.

Selanjutnya, Bupati Sekadau, Aron dalam sambutannya mengatakan kegiatan gawai dayak dilakukan untuk melestarikan adat istiadat dan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk menceritakan kembali tentang silsilah adat istiadat.

"Kegiatan gawai dayak ini juga sangat bermanfaat bagi masyarakat kabupaten Sekadau, karena masyarakat dapat membuka warung atau stand sehingga proses perekonomian kita bisa terus berjalan di kabupaten Sekadau," ujarnya.

"Kami berharap kepada para panitia pelaksana agar terus memonitor kegiatan ini agar berjalan dengan baik dan tidak ada hal yang tidak diinginkan," tutup Aron

Sambutan Gubernur Kalimantan barat yang di wakili dan dibacakan oleh Plh. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Frans Zeno, mengatakan upacara gawai adalah bagian dari tradisi yang sangat penting bagi masyarakat adat dayak, upacara ini dilakukan oleh seluruh sub suku adat dayak di Kalimantan Barat.

"Untuk itu saya berharap agar pelaksanaan Gawai Dayak ke-XI kabupaten Sekadau tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta tetap menjalankan protokol kesehatan mengingat covid-19 belum reda," harapnya.

"Semoga kegiatan gawai dayak di Kabupaten Sekadau ini menjadi komitmen kita bersama untuk melestarikan budaya dan adat istiadat dayak yang menjadi kekayaan budaya masyarakat Kalimantan Barat dan masyarakat Indonesia," tutup Frans Zeno.

Selanjutnya di lakukan pemukulan Gong oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Frans Zeno bersama dengan Bupati Sekadau, Aron sebagai tanda Acara Gawai Dayak ke-XI kabupaten Sekadau tahun 2022 telah resmi di buka.(yati)

Share:
Komentar

Berita Terkini