Dinkes Sekadau Imbau Masyarakat Waspada DBD Pasca Banjir

Editor: Redaksi

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Martinus Ridi SKM. MM
Sekadau Kalbar, BorneoPost.id - Pasca banjir di Kabupaten Sekadau cenderung ada peningkatan kasus DBD (demam berdarah dengue) beberapa bulan terakhir ini. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, Martinus Ridi SKM. MM kepada Suaraborneo.id, Senin (22/11/2021).

Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB)  Kabupaten Sekadau melalui Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit, Martinus Ridi SKM. MM mengatakan bahwa kasus DBD di Kabupaten Sekadau akhir-akhir ini sedikit meningkat apalagi sekarang  pasca banjir.

"Kita melihat dari beberapa bulan terakhir ini ada kecenderungan kenaikan kasus DBD pasca banjir, apalagi sekarang sudah mulai memasuki musim penghujan," katanya  

Terkait hal tersebut perlu diketahui gejala-gejala terkena DBD yang perlu di waspadai adalah demam tinggi, kulit bintik-bintik, nyeri sendi, sakit perut, diare dan muntah-muntah.

"Jika ada tanda-tanda tersebut segera dibawa ke Puskesmas terdekat agar bisa ditangani dan bisa juga diatasi dengan pertolongan pertama dengan minum air putih, minum obat penurun panas dan di kompres," jelasnya

"Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan 3M yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air dan  memanfaatkan atau mendaur ulang bahan bekas serta plus mencegah perkembangbiakan nyamuk," pungkasnya. (Novi).

Share:
Komentar

Berita Terkini