Peringati Hari Lahir Pancasila, Pemkab Sekadau Gelar Upacara

Editor: yati author photo

Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023. (Foto:yt)
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila. Kegiatan dilaksanakan di halaman kantor Bupati Sekadau. Kamis (1/6/2023).

Pada kesempatan tersebut, Amanat Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Sekadau, Aron mengatakan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara.

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai 'Bintang Penuntun (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu berdaulat adil dan makmur," kata Aron.

"Pada Peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini, marilah kita bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Mari kita berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya," tambahnya.

Bupati Aron juga mengajak agar seluruh masyarakat dapat berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

"Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terimakasih dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para founding fathers atas warisan luhur Pancasila yang kita nikmati sampai saat ini," ucapnya.

"Saya juga ingin mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. Semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun yang akan datang," tambahnya.

"Untuk itu, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, semoga Tuhan yang maha esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara," pungkasnya. (yt)

Share:
Komentar

Berita Terkini