Sanitasi yang Baik Perlu Diterapkan di Sekolah

Editor: yati author photo

Anggota DPRD Kabupaten Sekadau dari fraksi PAN, Herman A Bakar. (Foto:ist) 
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Sanitasi merupakan sebuah perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup dengan bersih dan bermaksud untuk mencegah manusia bersentuhan secara langsung dengan bahan-bahan kotor dan berbahaya.

Tidak hanya dilingkungan sekitar, namun pembiasaan Sanitasi yang baik di lingkungan Sekolah juga perlu di terapkan agar para siswa-siswi dapat terus menjaga kebersihan lingkungan.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sekadau, Herman A Bakar mengatakan, Pembiasaan Sanitasi yang baik di lingkungan Sekolah tidak hanya dilakukan oleh para siswa-siswi, namun, para guru juga mempunyai tanggung jawab untuk melakukan dan memberikan contoh bagaimana melakukan pembiasaan Sanitasi yang baik terutama untuk sekolah tingkat dasar.

"Pada umumnya, tanggung jawab sanitasi di sekolah merupakan tanggungjawab semua warga sekolah dan tentunya peran guru juga sangat diperlukan untuk mengarahkan para murid-muridnya untuk hidup bersih," kata Herman saat diwawancara oleh media ini. Selasa (10/1/2023).

"Adapun hal yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan anak-anak murid mulai dari Sekolah Dasar (SD) menyiram toilet ketika sesudah buang air dan juga menjaga kebersihan toilet serta kebersihan lingkungan sekitar dengan melakukan kerja bakti," tambahnya.

Legislator Partai Amanat Nasional ini juga mengatakan, ruang lingkup sanitasi dasar juga diperlukan disetiap sekolah seperti sarana penyediaan air bersih, sarana jamban, sarana pembuangan sampah, dan sarana pembuangan air limbah," imbuhnya.

"Tentunya dalam hal ini, peran guru sangat penting dalam rangka mengarahkan murid-muridnya untuk menciptakan lingkungan sanitasi yang baik, aman dan nyaman. Maka dari itu saya menghimbau agar para tenaga pendidik dapat memberikan contoh yang baik serta dapat berinisiatif melakukan kerja bakti bersama para murid-muridnya terutama dalam menciptakan Sanitasi yang baik dilingkungan Sekolah," pungkasnya. (yati)

Share:
Komentar

Berita Terkini