Bambang Kesalkan KMP Gunung Palong tidak Operasional

Editor: yati author photo

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sekadau dari fraksi partai PDI Perjuangan, Bambang Setiawan. (Foto: ist)
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Masyarakat mempertanyakan Kapal Ferry Penyebrangan Kapal Motor Penumpang (KMP) Gunung Palong milik PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) di Penyebrangan Sungai Ayak-Sunyat di Kecamatan Belitang Hilir yang tidak beroperasional sejak tanggal 16 Januari 2023.

Pasalnya, Kapal Ferry Penyebrangan itu adalah salah satu alat transportasi yang di gunakan oleh masyarakat di 3 Kecamatan Belitang yaitu Belitang, Belitang Hilir dan Belitang Hulu untuk menuju Kabupaten Sekadau. Apalagi beberapa hari kedepan masyarakat sudah akan merayakan hari raya Imlek dan tentunya Kapal Ferry Penyebrangan tersebut sangat di butuhkan untuk arus Mudik masyarakat terutama untuk masyarakat yang merayakan Imlek tahun ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sekadau, Bambang Setiawan meminta penjelasan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sekadau terkait rusaknya Kapal Ferry Penyebrangan tersebut.

"Tentunya kami sangat menyesalkan kerusakan yang terjadi pada Kapal Ferry tersebut mengingat Kapal Ferry tersebut hingga hari ini tidak bisa digunakan oleh masyarakat," kata Bambang Setiawan kepada media ini saat dikonfirmasi via WhatsAppnya. Jumat (20/1/2023).

"Untuk itu kami meminta Dishub Kabupaten Sekadau untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait dengan kerusakan yang terjadi pada Kapal Ferry tersebut," tambahnya.

Legislator partai PDI Perjuangan ini juga mengatakan bahwa kendala ini tentunya sangat memprihatikan bagi masyarakat mengingat beberapa hari lagi masyarakat akan merayakan hari raya Imlek.

"Tentunya alat transportasi penyebrangan ini sangat di butuhkan oleh masyarakat khususnya masyarakat di 3 Belitang. Untuk itu saya berharap agar kendala ini dapat segera di perbaiki agar masyarakat dapat leluasa menyebrang dan menikmati hari raya Imlek," tutup Bambang Setiawan.

Saat dikonfirmasi kepada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sekadau, H. Suhardi mengatakan, Kapal Ferry Penyebrangan tersebut memiliki kendala rusak di bagian alat. Alat itu adalah Ger box mesin sebelah kiri dan hal ini sebelumnya sudah di surati ke pihak PT. Parna Agro Mas.

"Sementara Kapal Ferry mengalami kenadala rusak, kami meminta bantuan dari pihak Parna untuk menyebrangi masyarakat yang ingin menyebrang ke arah 3 Belitang khususnya bagi masyarakat yang mudik untuk merayakan hari raya Imlek," kata H. Suhardi.

"Untuk itu, kami juga menghimbau masyarakat untuk dapat tenang karena pihak ASDP tentunya akan memperbaiki kerusakan itu secepat mungkin," tambahnya.

"Kami juga meminta kepada pihak ASDP untuk dapat memperbaiki kerusakan pada Kapal Ferry tersebut secepat mungkin agar masyarakat yang ingin mudik merayakan hari raya Imlek dapat menggunakan Kapal Ferry Penyebrangan tersebut," pungkasnya. (yati)

Share:
Komentar

Berita Terkini