Calon Nomor Urut I, Aron Kampanye di Lima Dusun

Editor: Redaksi


SEKADAU, borneopost.id - Calon Bupati Sekadau pada Pilkada 2020 nomor urut 1, Aron menemui masyarakat di 5 dusun di 2 desa sekaligus, Senin (5/10/2020).


Lima dusun yang disambangi adalah dusun Tapang Sepati, Dusun Semabi, Dusun Ransa dan Dusun Suak Bagan yang berada di wilayah Desa Semabi Seberang Kapuas. 


Satu dusun lainnya yakni Dusun Semabi Desa Seberang Kapuas, Kecamatan Sekadau Hilir.


Aron beserta rombongan mendatangi tiap-tiap dusun menggunakan sepeda motor. Ia turut ditemani ketua harian tim pemenangan Paslon Aron-Subandrio, Kanisius, anggota DPRD Sekadau fraksi PKPI Yuhilda Harahap dan Abang Ramli fraksi Gerindra. 


Di setiap dusun yang disambangi, keinginan masyarakat yang disampaikan kepada Aron hampir sama. Secara garis besar, masyarakat menginginkan perubahan pola kepemimpinan di Kabupaten Sekadau.


Salah satu warga Tapang Sepati, Labet menginginkan pembangunan jalan serta listrik di wilayah mereka. Ia juga berharap program bidang kesehatan seperti operasi katarak gratis kembali digalakkan.


Labet mengatakan, anaknya menderita katarak. Sampai  dibawa ke Sintang, dari Sintang dirujuk lagi ke Pontianak baru bisa berobat. 


Seorang pemuda di Dusun Semabi, Ari meminta agar pembangunan di bidang pertanian semakin digencarkan. Karena Semabi merupakan salah satu penghasil beras terbesar di Kabupaten Sekadau.


Calon Bupati nomor urut 1, Aron beserta rombongan juga memenuhi permintaan warga Semabi untuk ikut menanam padi di sawah milik warga.


Kemudian, saat pertemuan di Dusun Ransa, tokoh masyarakat setempat, Tinus juga berharap pembangunan bidang pertanian di daerah mereka diperhatikan.


"Saya ketua kelompok tani. Daerah kami tidak pernah dibangun dibidang pertaniannya. Kalau ada pembangunanpun lewat-lewat saja. Tidak mampir di kampung kami," ujar Tinus.


Ia juga meminta ada tindaklanjut dari program cetak sawah yang diprogramkan oleh pemerintah pusat. Ia menyebut, setelah dilakukan cetak sawah, belum ada program pembinaan dari pemerintah daerah.


"Kami juga ingin kalau Aron jadi bupati, supaya kami dibantu bibit ternak. Supaya kami ada kegiatan di sela bertani," harap Tinus.


Herkulanus, warga setempat mengatakan, akses jalan masih susah. Mau angkut durian dari kebun sulitnya minta ampun. 


"Kami juga punya potensi sawah tapi belum diperhatikan. Disini kami juga perlu sarana air bersih," ungkap Herkulanus.


Sabon, Tokoh masyarakat Selabi, Desa Seberang Kapuas mengungkapkan warga Selabi membutuhkan fasilitas kesehatan.


"Karena kalau ada warga yang sakit kami disini susah untuk berobat. Kalau bisa kami minta supaya ada Pustu disini," pintanya. 


Sabon juga menganggap belum ada perubahan yang signifikan di Selabi selama empat tahun terakhir ini.


"Jalan kami juga sering banjir. Kalau banjir anak-anak kami mau sekolah susah," sebut Sabon.


Calon Bupati Sekadau nomor urut 1, Aron, saat pertemuan di lima dusun memaparkan visi dan misi bersama calon wakilnya, Subandrio.


Aron menjelaskan, keluhan-keluhan yang disampaikan masyarakat dalam pertemuan sangat cocok dengan program Infrastruktur, Perkebunan, Pertanian, Perikanan untuk Kesejahteraan (IP3K) yang menjadi program utama pasangan Aron-Subandrio.


"Ditengah pandemi covid-19 yang melanda dunia, masyarakat kita yang memiliki kebun kelapa sawit masih mampu bertahan secara ekonomi. Kami akan memfasilitasi bantuan bibit kelapa sawit, begitu juga karet dan komoditas unggulan lainnya. Termasuk komoditi yang sedang populer sekarang yaitu Porang dan Vanili," papar Aron.


Ia memastikan, pembangunan di bidang perkebunan dan pertanian tak hanya sekadar memberikan bantuan bibit.


"Setiap tiga bulan kita akan panggil PPL. Kita evaluasi apa saja kendala dan keluhan petani secara rutin," ucap Aron.


Bidang infrastruktur juga menjadi salah satu prioritas dalam program pasangan Aron-Subandrio. Aron menegaskan, di masa kepemimpinannya kelak ia akan mengurangi porsi pembangunan gedung yang memakan biaya besar.


"Di wilayah Seberang Kapuas yang meliputi beberapa desa ini kita sering mendapat keluhan bahwa kondisi infrastruktur jalan masih kurang diperhatikan. Saya sudah berkomitmen akan mengurangi bangun gedung kantor dan sebagainya. Dananya dialihkan untuk bangun jalan," kata Aron.


Di bidang pendidikan dan kesehatan, Aron menjamin akan membangkitkan kembali program-program pro rakyat seperti satu Dusun Satu Sarjana serta operasi katarak dan bibir sumbing gratis.


"Untuk itu saya mohon dukungan bapak ibu semua. Tanggal 9 Desember 2020 datang ke TPS, coblos Aron-Subandrio nomor urut 1," ajak Aron. (tim) 

Share:
Komentar

Berita Terkini