Pekan Gawai Dayak Ke-XII Kabupaten Sekadau Tahun 2023 Resmi Dibuka

Editor: Suhariyati author photo

Pembukaan Pekan Gawai Dayak Ke-XII Kabupaten Sekadau Tahun 2023. (Foto:yt
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Bupati Sekadau, Aron beserta jajarannya melakukan Pembukaan Pekan Gawai Dayak Ke-XII Kabupaten Sekadau tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Jalan Panglima Naga komplek pasar baru di Rumah Betang Yuoth Center. Selasa (18/7/2023).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) kabupaten Sekadau, Jefray Raja Tugam mengatakan, Dalam tradisi masyarakat Dayak kegiatan Gawai Dayak Panen Padi dilakukan sebagai Perwujudan rasa syukur karena telah memberikan hasil panen yang melimpah, maka dari itu makna Gawai Dayak tidak lepas dari aspek alam, ritual sosial budaya, dan adat istiadat.

"Pekan Gawai Dayak ini juga memiliki tujuan penting yaitu menggali, melestarikan, mengembangkan, dan mencintai seni budaya daerah untuk memperkaya kebudayaan bangsa dan juga mendukung dan mengimplementasikan serta mensukseskan program Pemerintah di bidang pariwisata dan seni budaya sebagai sektor penggalakkan kegiatan ekonomi bangsa," kata JRT.

"Untuk itu, dalam hal ini saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Sekadau beserta jajarannya yang telah berkenan hadir dalam pembukaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sekadau Ke-XII Tahun 2023," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Sekadau, Aron juga turut mengucapkan terimakasih kepada Ketua DAD Kabupaten Sekadau serta panitia dan jajarannya yang telah berkerja keras sehingga acara Pembukaan Gawai Dayak tahun 2023 ini berjalan dengan lancar dan meriah.

"Gawai Dayak dilakukan untuk melestarikan Adat istiadat dan bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk menceritakan kembali tentang silsilah adat istiadat," ujar Aron.

"Kegiatan Gawai Dayak ini tentunya juga sangat bermanfaat bagi masyarakat kabupaten Sekadau, karena masyarakat dapat membuka warung atau stan sehingga proses perekonomian kita bisa terus berjalan di Kabupaten Sekadau," tambahnya.

"Untuk itu, dalam hal ini juga kami berharap kepada para panitia pelaksana agar terus memonitor kegiatan ini agar berjalan dengan baik dan tidak ada hal yang tidak diinginkan," tutup Aron.

Kegiatan selanjutnya dilakukan dengan Pemukulan Gong eh Bupati Sekadau beserta jajarannya yang menandakan Acara Gawai Dayak Ke-XII Kabupaten Sekadau tahun 2023 telah resmi di buka. (yt)

Share:
Komentar

Berita Terkini