Rakor Regsosek, Satu Data Seluruh Indonesia

Editor: Asmuni

Rapat Koordinasi (Rakor) Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 Kabupaten Sekadau. Foto:yt
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Wakil Bupati Sekadau, Subandrio, menghadiri serta membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2022 Kabupaten Sekadau. Kegiatan dilaksanakan ruang serbaguna lantai 2 kantor Bupati Sekadau. Rabu (21/9/2022).

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sekadau, Subandrio mengatakan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri profil, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa atau kelurahan.

"Regsosek juga merupakan upaya dalam mewujudkan satu data Indonesia yang membantu pemerintah pusat dan daerah menuju kesejahteraan sosial di Indonesia. Dengan menggunakan basis data tunggal, pemerintah dapat melaksanakan berbagai programnya secara terintegrasi, tidak tumpang tindih dan lebih efisien. Data tunggal juga dapat digunakan untuk digunakan untuk penanganan korban bencana, wabah dan perubahan iklim secara cepat," kata Subandrio.

Subandrio juga mengatakan, Kementerian dan pemerintah daerah memiliki data terkait Kesejahteraan sosial yang belum terintegrasi. Pemerintah terus berbenah dan melakukan evaluasi terhadap pemberian bantuan sosial akibat dampak covid-19, hal ini bertujuan agar adanya perbaikan didalam mekanisme terutama dalam perlindungan sosial.

"Maka dari itu, pada kesempatan ini saya juga menyampaikan bahwa kita semua harus sadar akan pentingnya data. Kunci utama kesuksesan pendataan ekonomi ini adalah partisipasi dari seluruh elemen dan harus didukung oleh semua pihak," ujarnya.

"Saya berharap melalui kegiatan Rapat Koordinasi Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022 Kabupaten Sekadau, khususnya para camat dan kades serta semua pihak yang hadir di ruangan ini dapat mendukung dan mengawal pelaksanaan pendataan sehingga nantinya data yang dihasilkan adalah data yang baik dan akurat, dan saya juga berharap agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh," pungkasnya.(yati)

Share:
Komentar

Berita Terkini