Martinus Sudarno Hadiri Gawai Raa Lamba' Lalo Kapuas Hulu

Editor: Redaksi

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Martinus Sudarno saat menghadiri Gawai Raa Lamba'Lalo di Kapuas Hulu 
Sekadau Kalbar, Borneopost.id - Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat dari Fraksi PDI Perjuangan, Martinus Sudarno, hadir dalam acara upacara adat Mamandung, adat Taman Kapuas, Gawai Raa Lamba' Lalo, acara itu dilaksanakan di desa Ariung Mendalam, Kabupaten Kapuas Hulu.

Saat di wawancara Borneopost.id, Martinus Sudarno mengatakan, acara upacara adat Memandung adalah sebuah upacara adat yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan tertinggi bagi para leluhur.

"Acara penghormatan ini dilakukan bagi para anak cucu terhadap orang tuanya yang sudah meninggal, dengan cara memberikan hewan kurban berupa kerbau," katanya, Kamis (30/6/2022).

"Bagi masyarakat Suku Taman Kapuas, jika sudah mengorbankan kerbau untuk arwah bapak/ibunya itu mereka percaya bahwa orang tua yg sudah meninggal, pasti sudah di muliakan dengan adanya darah kerbau yang sudah di kurbankan," ujarnya

Martinus Sudarno menerangkan, tamu yang datang juga tidak kurang dari 2.000 orang baik perempuan maupun laki-laki dan juga di hadiri turis dari Australia, karena mereka ingin melihat secara langsung acara tersebut.

"Acara upacara adat ini sangatlah menarik dan nanti kami akan membuat video dokumenternya dan video ini juga akan di perlombakan di tingkat nasional," pungkasnya.(yati).

Share:
Komentar

Berita Terkini