Antisipasi Kemungkinan Selama Pandemi Covid-19 Polda Kalbar Lakukan Sispamkota

Editor: Redaksi author photo
PONTIANAK, borneopost.id – Mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi selama pandemic Covid-19, Polda Kalbar melakukan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dengan menggunakan metode Tactical Floor Game (TFG). Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto S.H.,M.Si. Kamis (9/4/2020)

Bertempat di Balai Kemitraan Polda Kalbar TFG diikuti oleh seluruh Kapolres Jajaran sebagai tahapan latihan terhadap situasi kamtibmas. Pelaksanaan TFG juga berpedoman pada Physical Distancing dan meminimalisir jumlah peserta yang hadir. 

“Polda Kalbar menyelenggarakan pelatihan TFG ini dengan menampilkan Polresta Pontianak sebagai pelaksana latihan yang nantinya akan diadopsi oleh Polres - Polres jajaran yang berbentuk latihan dalam menghadapi skenario latihan yang diasumsikan mengalami eskalasi gangguan kamtibmas,” ucap Kapolda Kalbar

Dalam simulasi Sispamkota yang dilakukan oleh Polresta Pontianak Kota, diskenariokan diwilyah hukum Polresta Pontianak terjadi gangguan kamtibmas yang berakhir dengan diperlukannya pengamanan kota dengan bersinergi dengan unsur terkait seperti Pemkot Pontianak, Kodim 1207/BS Pontianak, Lantamal XII Pontianak dan BPBD. 

“Ini untuk menyamakan persepsi seluruh pihak agar mampu bersinergi dalam menghadapi skenario terburuk dalam mengamankan Sitkamtibmas Ibukota Pontianak,” lanjutnya. 

“Namun dengan adanya TFG ini, kita berharap tidak digunakan dalam situasi nyata, akan tetapi sebagai bentuk kesiapsiagaan kita menghadapi situasi kontinjensi. Disamping itu, pelatihan ini sebagai antisipasi Polda Kalbar menghadapi situasi serius dengan cara tidak meremehkan atau underestimate,” tambah Kapolda Kalbar Irjen Pol Sigid. 

Ia menambahkan, Polda Kalbar dalam situasi sekarang selalu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Apa yang menjadi kebijakan Pemerintah dalam pencegahan terhadap wabah Covid-19 akan menjadi dasar Polda Kalbar dalam bertindak. (*)

Editor: Asmuni 
Share:
Komentar

Berita Terkini