Bupati Sintang Hadiri RAT KUD Harapan Jaya

Editor: Asmuni

Bupati Sintang, H. Jarot Winarno
Sintang Kalbar, BorneoPost.id —Bupati Sintang, Jarot Winarno, menghadiri sekaligus membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021 Koperasi Unit Desa (KUD) Harapan Jaya, Desa Dak Jaya, Kecamatan Binjai Hulu, Selasa 29 Maret 2022, di Aula KUD Harapan Jaya.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, RAT adalah amanah undang-undang. Sehingga menurutnya, koperasi yang sehat ialah koperas yang harus dan rutin melaksanakan RAT setiap tahunnnya.

“Koperasi unit desa harapan jaya ini termasuk koperai yamg sehat, karena melaksanakan RAT, sehingga bisa menjadi cotoh koperasi yang lain,”katanya.

Jarot menjelaskan di Kabupaten Sintang saat ini ada 150 koperasi perkebunan, namun hanya 70 saja yang sehat karena rutin melaksanakan RAT setiap tahunnya. Yang lainnya kata dia, tidak sehat seperti hidup segan mati tak mau, bahkan ada 12 koperasi yang rebut terus. 

"Yang tidak sehat kita binasakan saja, lebih bagus koperasi sedikit tapi sehat. Harapan Jaya adalah koperasi yang sehat,”tegasnya. 

Jarot berharap kedepannya setiap koperasi harus memiliki sertifikat nasional ISPO (Indonesian Sustainable Palm Oil) dan sertifikat internasional RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil). Karena kalau sudah bersertifikat ISPO dan RSPO maka akan mudah melakukan pembinaan.

"Untuk itu saya minta KUD Harapan Jaya segera menyelesaikan sertifikat ISPO dan RSPO,” pintanya. 

Kemudian, Jarot juga meminta KUD Harapan Jaya juga harus meningkatkan program di bidang usaha. (pm/as).

Share:
Komentar

Berita Terkini